Kultum Ramadhan, Filosofi Mukmin Laksana Lebah Madu

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi saw. bersabda bahwasanya “Manusia mukmin adalah laksana lebah madu. Jika dia makan, hanya memakan makanan yang baik, jika mengeluarkan sesuatu adalah sesuatu yang baik pula dan bila hinggap di atas ranting pohon tidak mematahkannya dan merusaknya.” (H.R. Ahmad, No: 18121, Hakim, No: 8566, Baihaqi, No: 5765). Dari hadis tersebut dapat ditarik kesimpulan terkait bagaimana hendaknya seorang mukmin yang baik itu.

Kultum pada malam ke 22 (Senin, 1/4) Ramadhan di Masjid Agung Al-Ma'arif, yang disampaikan dr. H Khairul, M.kes. dengan materi  mukmin yang baik seumpama Lebah Madu.

Pertama, manusia mukmin sejatinya akan memilih dan memilah makanan itu halal atau haram untuk dimakan. Sebagaimana lebah yang selalu memakan sari bunga yang terbaik, meskipun dalam bunga terdapat putik maupun benang sari yang cantik. Demikian seharusnya manusia mukmin berusaha mengkonsumsi makanan yang halal dan menghindarkan dari hal-hal yang mengandung syubhat.

Dalam ayat Al-Qur’an surah Al-Baqarah: 168 dijelaskan bahwa Allah memerintahkan kepada manusia untuk memakan makanan yang halal dan baik. Perlu diingat jika makanan yang halal belum tentu baik untuk kesehatan tubuh. 

Kedua, lebah pasti meninggalkan yang baik. Madu adalah peninggalan dari lebah yang memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan. Seperti halnya lebah, manusia mukmin seharusnya juga dapat memberikan manfaat di mana pun ia menginjakkan kaki. Bukan malah sebaliknya, membuat kekacauan sehingga meninggalkan kesan dan efek yang kurang baik bagi orang sekitarnya.

Ketiga, lebah itu ketika hinggap di tempat tertentu tidak akan membuat dan meninggalkan kerusakan. Ketika lebah bersarang di pepohonan maka lebah tidak akan merusak pohon itu, ataupun jika lebah bersarang di ujung atap rumah maka lebah tidak akan merusak atap rumah tersebut. Itulah sejatinya seorang mukmin yang baik, jadi di mana pun berada tidak akan meninggalkan apa pun kecuali kebaikan.

Selain itu, lebah juga termasuk hewan yang suka menyerang secara bersama-sama, tetapi hal tersebut bukanlah tanpa sebab karena lebah tidak akan menyerang kecuali diserang terlebih dahulu.

Dikutip dari laman https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/filosofi-lebah Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim menyatakan bahwa seorang mukmin dan mukmin yang lain seperti bangunan yang saling menguatkan. Oleh karena itu sejatinya seorang mukmin tidak akan menyakiti saudara lainnya dengan lisan dan tangannya, serta juga tidak akan mungkin menyalahkan saudaranya ketika salah dengan lisan dan tangannya, kecuali menyampaikan nasihat atau teguran dengan cara yang hikmah.

Kultum Ramadhan,  Filosofi Mukmin Laksana Lebah Madu
Kultum Ramadhan,  Filosofi Mukmin Laksana Lebah Madu


©Terima kasih telah membaca Masjid Al-Ma'arif Tarakan dengan judul "Kultum Ramadhan, Filosofi Mukmin Laksana Lebah Madu - Masjid Al-Ma'arif Tarakan". Semoga Allah senantiasa memberikan Ilmu, Taufiq dan Hidayah-Nya untuk kita semua. aamiin. by Masjid Al-Ma'arif Tarakan ®

Arsip

Info Pengunjung